Ini cerita dari teman yang saya rangkum dan diceritakan lagi…..
Hari pertama Cruise, di Housekeeping bagi Grup A adalah
bertugas di Section kamar tamu, dimana dengan Cabin Steward akan membersihkan
seluruh kamar tamu. Start dari jam 8.00 pagi sampai jam 1.00 siang. Di Section
Cabin Steward udah bilang : “ Waah ada 5 Privacy sign di pintu”. Cabin Steward
( setelah lihat cek list kamar, lalu ketok pintu : “Housekeeping…..” (ucapan
yang sama diseluruh dunia kalau kita akan membersihkan kamar tamu).
“Good morning sir, housekeeping.. can I clean your room…?”
“Hi.. hello. Good morning-good morning, yes please “, suara
orang tua,- kakek- dengan ramah menyambut kita. Rupanya dia sudah siap-siap dan
mau breakfast ke Lido area.
Dengan semangat 45 masuklah ke kamar, beres-beres. Dari
check list, ini kamar hanya diisi 1 orang. Si Kakek ini ga tau ya keluarganya
pada kemana.. ikut Cruise sendiri aje ni yee.
Beres kamar si kakek, lanjut ke kamar berikutnya.. “Housekeeping…..”,
begitulah terus kita berpacu dari kamar ke kamar…. Sampai ketemulah kita dengan
kamar Privacy Sign, yang berarti sepanjang tag tsb digantung di pintu, kita tak
bisa ngapa ngapain itu kamar, diketok pun jangan…, kadang kita iseng masukin
kunci (yang berupa kartu), pelan-peeelaaan…. insert-cabut…. kalau blink merah tandanya dobel lock dari
dalam, waah….tamu ga bakalan keluar-keluar…
Kenapa tag Privacy
sign ini begitu penting..? Karena dengan banyaknya sign privacy ini alamaak…kita
bakalan lama nunggu…karena dari start awal jam 8.00 pagi sampai jam 1 siang, dan
kalau sampai siang semua tag Privacy sign baru diangkat, yaa… bakalan bikin
repot…., bila menjelang makan siang para tamu baru pada keluar kamar, misalnya
ada 5 sign privacy saja, sudah bikin kita repot, kerja jadi Rambo style (baca
tulisan: Rambo Style)
Hari kedua start lagi..begitu sampai kamar si kakek..
ternyata ada sign Privacy..waah tumben neh padahal kemaren pagi dan malam lancer
jaya…Sampai siangnya si kakek rupanya ga keluar kamar. Beres di Section lapor
di Office berapa kamar yg selesai dan berapa kamar yang “Put Privacy Sign. Dan malamnya
begitu giliran mau dibersihkan itu Privacy Sign masih gantung di pintu….waah si
kakek ga keluar-kluar ..?
Hari ketiga, begitu
ke Section, kebetulan sampai di Port/Pelabuhan tujuan, kita bergegas kerja di
section, karena kalau kapal sampai di Port tujuan, biasanya penumpang pagi2
udah pada sarapan untuk selanjutnya pada keluar kapal buat wisata di tempat
tujuan…Dan kita pun ga mau kalaah, pada berlomba-lomba dengan semua section
supaya cepat selesai dan kita pun bisa keluar kapal…wisata barengan ama tamu
hehe…
Tapi begitu sampai di kamar si kakek, yaaa sign Privacy
masih gantung di pintu….waah kamar model begini sesuai SOP harus di cek bener…Pertama2
coba insert kunci-cabut.. blink merah, berarti dobel lock. Lalu kamar di Tlp,
ga ada yang ngangkat.,.. ya mungkin masih tidur kale. Lanjut ke kamar
berikutnya… Sampai semua kamar beres,
kecuali kamar si kakek, coba di Tlp lagi ga ada yang angkat, ya kita lapor
supervisor, cerita kronologis…..lalu di cek ke F&B, ya betul di dining room
juga cuma hadir di hari Pertama, hari kedua dan ketiga ga muncul di dining
room. Berikutnya lapor ke Manager.
Manager datang bareng dengan Security, Dokter lengkap dengan nurse nya dan
Tukang kunci. Lalu Kunci Pintu dibongkar……..
Begitu pintu kebuka..tercium bau ga enak …….dan terlihat si kakek berbaring di sofa. Begitu diperiksa dokter…sudah
ALMARHUM…Kasihan bener, meninggal ga ada yang tau..Selanjutnya strecher team ( team
penolong dengan tandu) dipanggil silent supaya tidak menimbulkan keributan se
kapal…
Proses berikutnya….? Hadeeh melelahkan..karena kita adalah
sebagai SAKSI…isi form kronologis.dst-dst, investigasi, orang asuransi datang….siapa
lagi yaaa…
Yang ga enak (again ?) buat HK kita kebagian bersih2 kamar….
pest control di panggil semprot dgn Desinfektan, tutup 24 jam, besoknya kita keluarin semua
sheet, karpet dicuci abis, di cek sama
Manager dibilangnya dan emang kita juga masih
mencium/ masih terasa bau mayat…baunya itu lho ga hilang2, Semprot lagi biarkan
semalem….
Besoknya dicek masih bau juga. ..Akhirnya kita dari
Indonesia pada usul gimana kalau pakai kopi (soale kalau di rumah pernah lihat
yang nurunin mayat di peti pake tali, abis kecelakaan pesawat, dimana mayatnya udah
mengeluarkan bau busuk, setelah beres mereka pada ngelap tangan pake kopi…) “What…??
Mata Manager mendelik…!! e-ee coba dulu brow..
“OK-Ok your turn” ,,, Maka order copy ke FB, ga tanggung-tanggung 5 pack….dan mulailah ditabur tu kopi di
karpet, gorden, lemari, bed, sofa, lubang AC all around. Biarkan sehari.
Besoknya, hari ke enam…sedangkan Cruise 7 hari, berarti hari
ke 7 kamar harus udah rapih dan wangi, soale hari ke 7 penumpang baru udah mau
masuk. Kalau ga beres, berarti kamar itu ga bakalan bisa kejual… dan kalau
kecium baunya sama tamu baru…waaah… Maka dengan perasaan was-was kamar dibuka…
dan…. Ajaib kamar udah ga bau lagi….hidup Indonesia..hidup kopi..hehe…langsung
tu kopi di vacuum habis (kasian tu kopi ya ,habis manis sepah dibuang ).
Setelah beres, Manager datang, cek sana cek sini.. geleng2 kepala: “Great
job-great job, Indonesian!”
Sampai akhir Cruise
kamar dibuka lagi, wahh segarnya harum
copy dan kamar yang bersih.
Berikutnya tibalah Cruise baru masuk tamu baru… masih kebayang tu tamu cruise kemaren yang
laid down di sofa.
Seperti biasa kita say hello good morning, good afternoon,
housekeeping bersihin kamar. Sampai akhirnya tibalah akhir cruise dimana tamu
meninggalkan guest comment. Guest
comment ditempel di office dan bunyinya : “I like this vacation, room very clean, neat and tidy, Cabin steward
and his assistant helpful and do a good job.” Sincerely.…..
Hehe..comment yang bagus dan kamar udah kejual lagi….kita
dapat libur sehari..
(waduuh itu tamu , ga tau dia tu kamar, minggu lalu bekas mayat….. kalau tau…. Ngaciiiir..)
(waduuh itu tamu , ga tau dia tu kamar, minggu lalu bekas mayat….. kalau tau…. Ngaciiiir..)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar