bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Sabtu, 13 Desember 2014

Heboh di Kapal


 Ini cerita dari teman yang saya rangkum dan diceritakan lagi…..

Hari pertama Cruise, di Housekeeping bagi Grup A adalah bertugas di Section kamar tamu, dimana dengan Cabin Steward akan membersihkan seluruh kamar tamu. Start dari jam 8.00 pagi sampai jam 1.00 siang. Di Section Cabin Steward udah bilang : “ Waah ada 5 Privacy sign di pintu”. Cabin Steward ( setelah lihat cek list kamar, lalu ketok pintu : “Housekeeping…..” (ucapan yang sama diseluruh dunia kalau kita akan membersihkan kamar tamu).
“Good morning sir, housekeeping.. can I clean your room…?”
“Hi.. hello. Good morning-good morning, yes please “, suara orang tua,- kakek- dengan ramah menyambut kita. Rupanya dia sudah siap-siap dan mau breakfast ke Lido area.
Dengan semangat 45 masuklah ke kamar, beres-beres. Dari check list, ini kamar hanya diisi 1 orang. Si Kakek ini ga tau ya keluarganya pada kemana.. ikut Cruise sendiri aje ni yee.
Beres kamar si kakek, lanjut ke kamar berikutnya.. “Housekeeping…..”, begitulah terus kita berpacu dari kamar ke kamar…. Sampai ketemulah kita dengan kamar Privacy Sign, yang berarti sepanjang tag tsb digantung di pintu, kita tak bisa ngapa ngapain itu kamar, diketok pun jangan…, kadang kita iseng masukin kunci (yang berupa kartu), pelan-peeelaaan…. insert-cabut….  kalau blink merah tandanya dobel lock dari dalam, waah….tamu ga bakalan keluar-keluar…
Kenapa  tag Privacy sign ini begitu penting..? Karena dengan banyaknya sign privacy ini alamaak…kita bakalan lama nunggu…karena dari start awal jam 8.00 pagi sampai jam 1 siang, dan kalau sampai siang semua tag Privacy sign baru diangkat, yaa… bakalan bikin repot…., bila menjelang makan siang para tamu baru pada keluar kamar, misalnya ada 5 sign privacy saja, sudah bikin kita repot, kerja jadi Rambo style (baca tulisan: Rambo Style)
Hari kedua start lagi..begitu sampai kamar si kakek.. ternyata ada sign Privacy..waah tumben neh padahal kemaren pagi dan malam lancer jaya…Sampai siangnya si kakek rupanya ga keluar kamar. Beres di Section lapor di Office berapa kamar yg selesai dan berapa kamar yang “Put Privacy Sign. Dan malamnya  begitu giliran mau  dibersihkan itu  Privacy Sign masih gantung di pintu….waah si kakek ga keluar-kluar ..?
Hari ketiga, begitu ke Section, kebetulan sampai di Port/Pelabuhan tujuan, kita bergegas kerja di section, karena kalau kapal sampai di Port tujuan, biasanya penumpang pagi2 udah pada sarapan untuk selanjutnya pada keluar kapal buat wisata di tempat tujuan…Dan kita pun ga mau kalaah, pada berlomba-lomba dengan semua section supaya cepat selesai dan kita pun bisa keluar kapal…wisata barengan ama tamu hehe…
Tapi begitu sampai di kamar si kakek, yaaa sign Privacy masih gantung di pintu….waah kamar model begini sesuai SOP harus di cek bener…Pertama2 coba insert kunci-cabut.. blink merah, berarti dobel lock. Lalu kamar di Tlp, ga ada yang ngangkat.,.. ya mungkin masih tidur kale. Lanjut ke kamar berikutnya… Sampai  semua kamar beres, kecuali kamar si kakek, coba di Tlp lagi ga ada yang angkat, ya kita lapor supervisor, cerita kronologis…..lalu di cek ke F&B, ya betul di dining room juga cuma hadir di hari Pertama, hari kedua dan ketiga ga muncul di dining room.  Berikutnya lapor ke Manager. Manager datang bareng dengan Security, Dokter lengkap dengan nurse nya dan Tukang kunci. Lalu  Kunci Pintu dibongkar…….. Begitu pintu kebuka..tercium bau ga enak …….dan terlihat si kakek  berbaring di sofa. Begitu diperiksa dokter…sudah ALMARHUM…Kasihan bener, meninggal ga ada yang tau..Selanjutnya strecher team ( team penolong dengan tandu) dipanggil silent supaya tidak menimbulkan keributan se kapal…
Proses berikutnya….? Hadeeh melelahkan..karena kita adalah sebagai SAKSI…isi form kronologis.dst-dst, investigasi, orang asuransi datang….siapa lagi yaaa…
Yang ga enak (again ?) buat HK kita kebagian bersih2 kamar…. pest control di panggil semprot dgn Desinfektan,  tutup 24 jam, besoknya kita keluarin semua sheet, karpet dicuci abis,  di cek sama Manager dibilangnya  dan emang kita juga masih mencium/ masih terasa bau mayat…baunya itu lho ga hilang2, Semprot lagi biarkan semalem….
Besoknya dicek masih bau juga. ..Akhirnya kita dari Indonesia pada usul gimana kalau pakai kopi (soale kalau di rumah pernah lihat yang nurunin mayat di peti pake tali,  abis kecelakaan pesawat, dimana mayatnya udah mengeluarkan bau busuk, setelah beres mereka pada ngelap tangan pake kopi…) “What…??  Mata Manager mendelik…!! e-ee coba dulu brow.. “OK-Ok your turn” ,,, Maka order copy ke FB, ga tanggung-tanggung  5 pack….dan mulailah ditabur tu kopi di karpet, gorden, lemari, bed, sofa, lubang AC all around. Biarkan sehari.
Besoknya, hari ke enam…sedangkan Cruise 7 hari, berarti hari ke 7 kamar harus udah rapih dan wangi, soale hari ke 7 penumpang baru udah mau masuk. Kalau ga beres, berarti kamar itu ga bakalan bisa kejual… dan kalau kecium baunya sama tamu baru…waaah… Maka dengan perasaan was-was kamar dibuka… dan…. Ajaib kamar udah ga bau lagi….hidup Indonesia..hidup kopi..hehe…langsung tu kopi di vacuum habis (kasian tu kopi ya ,habis manis sepah dibuang ). Setelah beres, Manager datang, cek sana cek sini.. geleng2 kepala: “Great job-great job, Indonesian!”
Sampai akhir Cruise kamar dibuka lagi,  wahh segarnya harum copy dan kamar yang bersih.
Berikutnya tibalah Cruise baru  masuk tamu baru…  masih kebayang tu tamu cruise kemaren yang laid down di sofa.
Seperti biasa kita say hello good morning, good afternoon, housekeeping bersihin kamar. Sampai akhirnya tibalah akhir cruise dimana tamu meninggalkan  guest comment. Guest comment ditempel di office dan bunyinya : “I like this vacation,  room very clean, neat and tidy, Cabin steward and his assistant helpful and do a good job.” Sincerely.…..
Hehe..comment yang bagus dan kamar udah kejual lagi….kita dapat libur sehari..
(waduuh itu tamu , ga tau dia tu kamar, minggu lalu bekas mayat….. kalau tau…. Ngaciiiir..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar